Cara Menggunakan Pil KB Andalan

Cara Menggunakan Pil KB Andalan

Cara Menggunakan Pil KB Andalan- Metode kontrasepsi pil KB paling diminati. Namun masih banyak orang yang menggunakannya kurang tepat. Lalu, bagaimana langkah yang benar?

Tentu Anda tahu bahwa alat kontrasepsi digunakan untuk menghambat kehamilan atau capai program Keluarga Berencana (KB). Ada banyak metode kontrasepsi, untuk pengunaan yang disesuaikan dengan kondisi dan preferensi masing-masing.

Salah satu alat kontrasepsi yang paling banyak diminati oleh wanita adalah pil KB. Meski demikian, tak sedikit wanita yang masih bertanya bagaimana cara menggunakan pil KB yang benar dan sesuai anjuran dokter?

Pil KB sebagai Alat Kontrasepsi

Cara Menggunakan Pil KB Andalan

Kontrasepsi bisa digunakan sebagai alat penunda, menjarangkan, dan terhitung pastinya menghambat kehamilan. Hal ini penting karena sekarang telah banyak pasangan yang tahu dapat kesiapan total berasal dari segi mental, kesehatan, dan standing ekonomi.

Dalam skala nasional, pencegahan kehamilan ini punya tujuan untuk capai program KB yang dirancang untuk menyeimbangkan pada keperluan dan jumlah penduduk.

Pil KB merupakan style pil atau obat yang punya kandungan hormon reproduksi sintetik (progesteron dan paduan estrogen-progesteron), yang berguna untuk sesuaikan hormon didalam tubuh si pengguna supaya bisa capai tujuannya, yakni menghambat kehamilan.

Alat kontrasepsi style ini diakui sebagai salah satu metode pencegahan kehamilan yang terlalu efektif terkecuali digunakan dengan benar. Bahkan tingkat efektivitasnya capai 99 persen.

Harus digarisbawahi bahwa meminum pil KB dengan langkah yang salah cuma dapat menurunkan angka efektivitasnya sampai 92 persen. Jadi, bisa saja berjalan peningkatan kehamilan yang sebenarnya tidak diharapkan oleh pasangan yang sedang pakai kontrasepsi.

Cara Minum Pil KB yang Benar

Cara Menggunakan Pil KB Andalan

Ada dua jenis pil KB yang sering digunakan, yakni paket 21 hari dan 28 hari. Keduanya punyai manfaat yang sama, yang berbeda cuma pada dosisnya. Pada pil KB 28 hari, terdapat 21 pil dengan hormon dan 7 pil tambahan yang berisi plasebo atau pil kosong.

Pil KB 28 hari lebih terkenal dibandingkan dengan pil KB 21 hari. Karen pil KB 28 hari diakui lebih memudahkan wanita didalam mengonsumsinya tsetiap hari sesuai jadwal tanpa jeda atau hari kosong.

Sedangkan untuk pil KB 21 hari, semua pil punya kandungan hormon supaya sesudah 21 pil habis diminum, terkandung 7 hari kosong sebelum kembali mengkonsumsi pil KB lagi.

Cara minum pil KB ini tidak boleh cuma asal minum saja. Ada aturan pakai pil KB yang perlu Anda ikuti, supaya efektivitas kontrasepsi selanjutnya tetap tinggi. Beberapa aturan minum pil KB yang perlu Anda ketahui adalah :

Pil KB bisa merasa diminum kapan saja, tetapi perlu dipastikan bahwa Anda sedang tidak hamil. Anda bisa lakukan uji kehamilan lewat tes pack terutama dahulu.
Pil KB merasa diminum pada hari pertama haid dan setelah itu (sesuai dengan paket pil KB mana yang Anda pilih).
Selain itu, langkah minum pil KB yang benar perlu pada jam yang mirip tiap tiap harinya dan ikuti arah isyarat panah yang tercantum di bungkus pil.
Anda terhitung bisa merasa mengonsumsinya sementara hari kedelapan haid, tetapi dengan tambahan pemanfaatan kondom terkecuali ingin terjalin intim dengan pasangan.

Demikian pembahasan mengenai cara menggunakan Pil KB andalan. Semoga bermanfaat, Terima kasih.

Baca juga : Cara Menggunakan Google Docs Voice Typing